Senin, 23 Juli 2012

10 Rahasia Memasak Sehat


detail berita
(Foto: gettyimages)


MENJAGA kesehatan tak lepas dari sajian makanan lezat. Karenanya, kebiasaan memasak sehat ada baiknya dimulai sejak dini.


Kalau Anda masih bingung rahasia memasak sehat, berikut beberapa bocorannya, seperti dilansir Shine, Jumat (3/2/2012):


Lemak sehat


Selama ini, lemak dianggap tidak baik bahkan sangat buruk bagi kesehatan. Padahal, lemak tidak selamanya buruk, terutama lemak tak jenuh seperti pada minyak zaitun dan  mentega yang bisa menjadi pilihan.


Biji-bijian


Beras merah dan gandum memiliki fungsi jauh lebih baik karena kadar serat, vitamin B, magnesium, seng, serta nutrisi lain di dalamnya.


Buah dan sayuranPilih buah dan sayuran berbagai warna untuk mendapatkan antioksidan dan vitamin yang jauh lebih baik. Konsumsilah satu cangkir buah dan sayuran setiap harinya.


Daging


Daging merupakan sumber protein, tapi juga merupakan sumber lemak jenuh yang tinggi. Jadi, konsumsi daging secukupnya. Ada baiknya ganti konsumsi daging dengan ikan, dan bila Anda tetap ingin mengonsumsi daging, seimbangkan dengan sayuran.


Susu


Susu penting sebagai sumber kalsium yang bagus untuk tulang, jadi ada baiknya jangan hilangkan kebiasaan mengonsumsi susu. Pilih yang kandungan lemaknya rendah, kalau tidak susu, Anda bisa menggantinya dengan yogurt.


Kontrol kaloriSalah satu cara termudah untuk mengelola asupan kalori adalah dengan makan-makanan yang sehat.


Pemanis


Gula memberi rasa manis pada sajian menu, tapi disarankan untuk sesuai dengan kebutuhan tubuh. Anda bisa mengganti gula dengan madu. Tubuh mendapatkan kadar gizi serta nutrisi sekaligus Anda tidak kehilaangan rasa manis.


Natrium


Kalau Anda memiliki tekanan darah tinggi, wajib untuk memerhatikan kadar natrium alias penggunaan garam pada makanan. Konsumsi garam tidak lebih dari satu sendok teh setiap hari.

Rasa



Berikan kesegaran rasa pada makanan dengan bahan-bahan sehat seperti rempah-rempah. Dengan ini, Anda tidak akan kehilangan rasa lezat masakan, manfaat sehat juga didapat.


Nikmati makanan


Ketika mengonsumsi makanan, penting untuk Anda merasa nyaman. Tanpa rasa nyaman, makanan yang Anda santap menjadi tidak enak. Pastikan makanan yang Anda makan selalu lezat sehingga bisa terpuaskan.

sumber : http://sibukforever.blogspot.com/2012/02/10-rahasia-memasak-sehat.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar