Jumat, 27 Juli 2012

3 Hal Unik di Bulan Ramadhan


[imagetag] 


Tidak terasa puasa telah didepan mata, tinggal mengitung hari kita akan menjalankan ibadah puasa. Puasa identik dengan menahan lapar, emosi bahkan iman dari segala bentuk godaan mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Biasanya seluruh umat Islam di Indonesia bahkan di seluruh dunia wajib menjalankan ibadah puasa, bahkan anak-anakpun diajarkan sejak dini untuk berpuasa apalagi yang sudah baligh. Tahukah anda bila disaat kita menjalankan ibadah puasa terdapat hal unik yang paling sering orang lakukan? Seperti saat berbuka puasa kita selalu membeli takjil berupa kolak, es buah, kurma dan lain-lain. Silahkan yang anda belum tahu, silahkan dibaca: 

Berbuka Puasa Selalu Membeli Takjil
Berbuka puasa tidak asyik kalau tidak membeli takjil berupa kolak, es buah, kurma dll. Seperti sudah budaya umat islam jika saat berbuka puasa senantiasa menyiapkan takjil. Takjil ialah sebuah istilah untuk makanan kecil yang sering disiapkan sebelum buka puasa di bulan Ramadhan seperti kolak pisang, kurma, es buah dan masih banyak lagi. Nah, khan kita akan menunaikan ibadah puasa mendingan kita saat sebelum berbuka puasa ada baiknya siapkan takjil yang enak. 

Jalan-Jalan Sambil Menunggu Buka Puasa/Ngabuburit
Nah, ini juga nih yang unik, hal ini sering orang-orang lakukan yang sedang melaksanakan puasa, melakukan jalan-jalan sekedar ke alun-alun atau ke mana saja sambil menunggu tibanya buka puasa atau yang sering kita kenal atau sebut dengan ngabuburit. Naik motor maupun mobil bareng teman maupun keluarga saat sore hari sambil menunggu tiba saatnya buka puasa itu sangat dianjurkan, biasanya orang-orang yang melakukan ngabuburit selalu nongkrong sama teman-teman di alun-alun maupun dimana saja. Biasanya orang-orang melakukan kegiatan ngabuburit saat sore hari yaitu diantara pukul 16.30 sampai pukul 17.50, kadang-kadang di saat waktu itu terlihat di jalan-jalan terdapat banyak orang maupun anak muda yang nongkrong atau jalan-jalan sambil menunggu buka puasa. Ini bisa anda jadikan kegiatan bersama teman maupun keluarga untuk memeriahkan di bulan Ramadhan, itung-itung sambil menunggu buka puasa.

Melakukan Shalat Tarawih dan Tadarus
Ini wajib dilaksanakan oleh seluruh umat islam di seluruh dunia bahkan di Indonesia yaitu melakukan shalat Tarawih dan tadarus al-qur'an. Biasanya kegiatan ini dilakukan setelah kita berbuka puasa, setelah berbuka puasa kita segera bergegas menuju ke masjid maupun musholla untuk melakukan shalat Tarawih dan setelah itu melakukan Tadarus Al-Qur'an. Sangat dianjurkan dan baik bila kita melakukan Tadarus Al-Qur'an di bulan Ramadhan, itu bisa membuat kita mendapatkan ridho dari Allah SWT, pahala dari Allah SWT dan iman kita bertambah baik. Biasanya orang yang melakukan dan membaca Tadarus Al-Qur'an adalah anak-anak, remaja bahkan orang dewasa, sangat dianjurkan anak-anak.

Semoga hal unik di bulan Ramadhan diatas bisa bermanfaat bagi anda, dan sebentar lagi seluruh umat islam di seluruh dunia bahkan di Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa. Jaga kesehatan anda selama melaksanakan ibadah puasa dan semoga puasa anda di ridhoi dan diterima oleh Allah SWT. Amin.

sumber : http://pastienjoy.blogspot.com/2012/07/hal-unik-di-bulan-ramadhan.html
768843

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar