Senin, 30 Juli 2012

4 Hal Paling Berkesan di Bulan Ramadhan



Sebelumnya saya ingin mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah memberi umur sampai ke bulan yang suci ini bulan ramadhan, mudah-mudahan dibulan ramadhan ini kita bisa meningkatkan amal pahala kita dengan berbagai aktifitas yang tentunya positif.

Kali ini saya coba sedikit berbagi cerita mengenai Beberapa Hal yang Paling Berkesan di Bulan Ramadhan. Kenapa dikatakan "Berkesan"? karena banyak kegiatan-kegiatan yang hanya dilakukan di bulan ramadhan seperti :

Ngabuburit

Ngabuburit berasal dari kata "ngalantung ngadagoan burit" (Bahasa Sunda) yang jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia Ngalantung = Nongkrong/Ngelamun, Ngadagoan = Menunggu/Nungguin, Burit = Sore. Jadi kata Ngabuburit jika diartikan kedalam bahasa Indonesia kurang lebih "Nongkrong Nungguin Sore". Sebetulnya kata ngabuburit sendiri tidak memiliki hubungan dengan bulan puasa karena kegiatan ngabuburit bisa dilakukan bukan hanya pada bulan Ramadhan saja, tapi entah kenapa kata ngabuburit menjadi terkenal ketika memasuki bulan puasa, hingga berbagai kegiatan dilakukan untuk mengisi acara ngabuburit, mulai dari hal yang positif hingga hal yang negatif, mulai dari kegiatan bakti sosial seperti membagikan bingkisan buka puasa kepada orang lain, sampai acara trek - trek kan di jalan raya... jangan ya sob!!

Bukber

Bukber semua orang mungkin tahu apa itu "bukber" (Buka Puasa Bersama). Nah kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang bisa dibilang digandrungi oleh kaula muda pada saat bulan Ramadhan. Kegiatan yang saya pikir sepenuhnya memiliki nilai posotif di dalamnya, salah satunya untuk menjalin silaturahmi.

Tarawih

Pengertian kata tarawih kata "tarawih" adalah bentuk jamak dari kata "tarwihah" yang berarti merehatkan atau menyenangkan.. Aneh ya??hehe.. ya pada masa Rosulullah SAW kegiatan Sholat tarawih merupakan kegiatan sholat yang dianggap sholat santai,kenapa? karena Sholat Tarawih memiliki waktu yang panjang untuk menjalaninya selesai sholat Isya sampai adzan subuh dan dikarenakan malam hari sehingga tidak terganggu oleh aktifitas sehari-hari seperti berdagang dsb. Nah itulah kenapa sholat Tarawih diartikan sebagai sholat yang rileks, berbeda dengan jaman kita sekarang yang berarti sholat patas.. ia kan???hehe..

Kuliah Subuh

Kuliah subuh memiliki arti ceramah yang diberikan sehabis sholat subuh.. yang satu ini biasanya lebih di dominasi oleh kalangan anak sekolah, karena mereka dituntut untuk mengisi buku kegiatan Ramadhan yang diberikan oleh pihak sekolah dan tentu saja ini menjadi motivasi lebih bagi mereka untuk berbondong-bondong hadir ke acara kuliah subuh. Jadi inget masa lalu....

sumber : http://nagapasha.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar