Kamis, 26 Juli 2012

4 Tips Saat Menghadapi Konflik Dengan Pasangan




Fakta bahwa dalam sebuah hubungan pasti ada konflik, baik saat masih pacaran maupun dalam sebuah pernikahan. Tapi sebenarnya yang penting bukan konflik itu sendiri, tapi bagaimana Anda bisa mengatasi konflik dalam hubungan Anda. 

Jangan pernah malu mengakui ada konflik dalam hubungan Anda, karena itu wajar terjadi. Berikut beberapa langkah bijaksana dan cerdas menyelesaikan konflik dalam hubungan Anda yang dikutip dari boldsky

Cari Inti permasalahan
Setiap kali pasangan bertengkar pasti ada masalah besar. Jika Anda ingin menyelesaikan masalah ini, maka duduk bersama dan cari tahu inti persoalannya. Misalnya; Anda menyebutkan 'anak mama'. Dia marah dan Anda berdua bertengkar. Masalah sebenarnya di sini adalah Anda tidak cocok dengan ibunya. 

Membuat kesepakatan 
Sebuah hubungan bisa berjalan baik juga perlu adanya kesepakatan. Ini memastikan bahwa kedua pasangan merasa kompromi dan tidak ada yang tertipu. Misalnya: Anda tidak suka kebiasaanya merokok di kamar mandi. Jadi, buatlah kesepakatan bahwa dia bisa merokok dua batang di rumah jika menghindari merokok di kamar mandi. 

Kelender permintaan maaf
​Masalah terbesar setelah terjadinya pertengkaran adalah ketika kedua pihak tidak mau mengalah dan maju meminta maaf, dan membiarkan konflik berkepanjangan. Buatlah grafik pemintaan maaf atau kalender. Ini akan menjadi kalender normal, dh mana Anda menandai pada hari apa Anda katakan maaf dengan warna merah dan pasangan Anda nyatakan maaf dengan warna hijau.  Selama keseimbangan 'merah' dan 'hijau' bisa dipertahankan dalam sebulan, hubungan Anda akan berjalan baik. 

Menekan ego masing-masing
ketika satu masalah benar-benar tidak dapat diselesaikan, maka Anda harus menekan ego masing-masing. Misalnya; Anda sudah berjanji akan datang kepada keluarga Anda pada perayaan khusus, begitu juga pasangan Anda kepada keluarganya. Apa yang Anda lakukan, pilihan pertama Anda berdua tidak ke mana-mana, dan pilihan lain, masing-masing berangkat menuju keluarga masing-masing. Sayangnya, tidak ada pilihan ketiga. 
 
sumber : http://investigasiberita.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar