Senin, 30 Juli 2012

5 Hal Yang Menjadi Sumber Pemborosan Sehari - Hari

Tanpa kita sadari sehari-hari kita melakukan pemborosan. Kenali apa saja hal kecil yang bisa berpotensi menguras kantong Anda secara diam-diam, dan jangan lupa liat pesan yang saya amanatkan agar dapat mengatasi pemborosan pemborosan tersebut. Berikut saya review 5 Sumber Pemborosan Setiap Hari:
1. Telat Bayar Tagihan
Denda dengan jumlah yang kecil memang kesannya sepele. Tapi lama-lama tak terasa akan menjadi banyak. Usahakan selalu tepat waktu dalam membayar berbagai tagihan listrik, telepon, Internet, sampai kartu kredit. Gunakan fitur pengingat di kalender ponsel, bila Anda tipe pelupa. Jika lembar tagihan belum datang dan tenggat tagihan sudah dekat, sebaiknya hubungi perusahaan bersangkutan untuk mengetahui jumlah tagihan. Apalagi untuk kartu kredit, terlambat bukan hanya membayar denda, tapi juga bunga. Pada intinya jangan sepele terhadap hal kecil.
2. Terlalu Sering Makan di Luar
Ini merupakan pemborosan terselubung yang tidak terasa. Bukan berarti Anda dilarang makan di luar atau ngopi-ngopi bersama teman usai bekerja. Tetapi ketahui batasan Anda dan jika sudah melebihi jatah bulanan, mau tak mau kompensasikan dengan mengurangi pengeluaran lain. Misalnya sesekali membawa makan dari rumah untuk makan siang di kantor atau berkumpul bersama teman-teman di rumah ditemani cemilan dan makanan buatan sendiri. Ketahuilah penghematan sangat bagus untuk masa depan.
3. Biaya ATM
Seringkali Anda harus dihadapkan pada situasi tak ada ATM bank pilihan Anda dan terpaksa tarik tunai di ATM bank lain. Sesekali memang tak ada salahnya, tapi jangan dibiasakan. Jika Anda harus naik dari lantai dasar ke lantai 6 untuk menuju ATM bank Anda sedangkan di depan mata ada ATM bank lain, jangan mudah tergoda. Usahakan menarik uang sebisa mungkin tanpa biaya. Pelajari penawaran dari bank Anda. Beberapa bank menawarkan transaksi gratis dengan syarat tertentu.
4.Pembelian Impulsif
Diskon atau promosi kartu kredit seringkali menjadi titik lemah para wanita saat berbelanja. Promosi beli satu dapat satu ekstra, potongan harga jika berbelanja dengan jumlah tertentu, atau hadiah spesial dengan pembelanjaan khusus seringkali merupakan penawaran yang sulit ditolak. Memang kedengarannya klasik, tapi apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Jika Anda belum bisa membayangkan menggunakan benda tersebut lebih dari dua kali, sebaiknya lupakan saja niat membeli. Bayangkan ada berapa barang di lemari Anda yang belum pernah dipakai, bahkan sekali pun.
5. Menggunakan Kendaraan Untuk Jarak Dekat
Pergi ke supermarket yang jaraknya hanya dua blok dari rumah tentu tak perlu menggunakan mobil atau motor. Usahakan berjalan kaki atau naik sepeda untuk menuju tempat yang masih terjangkau tenaga. Selain mendapat manfaat karena gerak badan, Anda juga terhindar dari pemborosan yang tidak perlu dengan menggunakan bensin serta kendaraan untuk jarak yang bisa dicapai dengan kaki. Selain hemat, Anda juga membantu mengurangi polusi akibat asap kendaraan.
Nah itu dia tadi 5 sumber pemborosan kita, kali ini saya juga tidak lupa meninggalkan pesan sesuai di awal yang saya sebutkan:
Pesan:
Mulailah dari sekarang untuk mengurangi dan memerangi sifat boros dari diri kita. Dimulai dari hal hal kecil seperti dari kesadaran kita sendiri bahwa jika anda boros, bagaimana dengan masa depan anda dan keluarga anda ? Mungkin dengan begitu sedikit demi sedikit dapat menstimulus anda untuk berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak.
Terima kasih.
 
sumber : http://memantau.blogspot.com/2012/07/5-hal-sumber-pemorosan-sehari-hari.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar