Selasa, 24 Juli 2012

5 Negara Dengan Warisan Budaya DuniaTerbanyak



Situs Warisan Kebudayaan Dunia merupakan program UNESCO untuk mendaftar berbagai tempat yang memiliki keunikan budaya secara signifikan. Hingga 2010, terdaftar 911 situs yang terdiri dari 704 situs budaya, 180 situs alam, dan 27 merupakan gabungan dari keduanya tersebar di 151 negara berbeda. Lalu, negara mana yang terbanyak memiliki Situs Warisan Kebudayaan Dunia ini? berikut daftarnya.

1. Italia
Memiliki 45 situs kebudayaan, Italia berada di urutan pertama negara dengan Situs Warisan Budaya Dunia terbanyak. Situs pertama yang diakui sebagai Situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO adalah Batu Bergambar di Valcamonica pada 1979. Jumlah ini terus bertambah seiring berjalannya waktu. Situs kebudayaan yang paling baru diakui oleh UNESCO adalah Monte San Giorgio yang merupakan gunung berhutan dan diakui pada 2010. Adapun pertimbangan situs ini diakui menjadi Warisan Kebudayaan Dunia karena merupakan tempat yang paling baik di dunia yang merekam kehidupan laut pada periode Triassic. Beberapa situs lainnya yang terkenal dari Italia adalah Menara Pisa, Kota Venice, Vila Paladian Veneto, Kota Florence, Istana Kerajaan Caserta, Roma, dan Kastil del Monte.

[imagetag]
Pisa (Sumber: Wikimedia)

2. Spanyol
Di tempat kedua menyusul Spanyol yang memiliki 42 situs kebudayaan. Situs pertama Spanyol yang diakui pertama kali oleh UNESCO adalah Masjid Cordoba pada 1984. Seiring berjalannya waktu, situs-situs kebudayaan di Spanyol terus diakui oleh UNESCO. Situs terbaru yang diakui oleh UNESCO adalah Menara Herkules pada 2009. Berarti Spanyol telah memiliki 37 situs budaya, 3 situs alam, dan 2 situs campuran alam dan kebudayaan. Beberapa situs lainnya yang terkenal dari Spanyol adalah Dinding Roman Lugo, Katedral Burgos, Arsitektur Antoni Gaudí, Taman Nasional Garajonay, dan Kota Sejarah Toledo.

[imagetag]
Andalusien, Lissabon, Córdoba, Mezquita (Sumber: Wikimedia)

3. China
Dalam daftar UNESCO, China berada diurutan ketiga yang memiliki Situs Warisan Budaya Dunia terbanyak dengan 40 situs. Dari jumlah tersebut, terdapat 28 situs budaya, 7 situs alam, dan 4 situs campuran alam dan budaya. Sejak 2004, China pertama kalinya melakukan renovasi skala besar untuk 6 Situs Warisan Budaya Dunia di Beijing, yaitu Kuburan Ming, Tembok Raksasa, Kota Terlarang, Kuil Surga, Istana Musim Panas, dan Manusia Peking. Selain keenam situs tersebut, situs lainnya dari China adalah Gua Mogao, Gunung Taishan, Gunung Huangshan, dan Gunung Wudang.

[imagetag]
Forbidden City (Sumber: Wikimedia)

4. Perancis
Perancis berada di daftar keempat dengan 35 Situs Warisan Budaya Dunia. Situs paling pertama yang diakui oleh UNESCO adalah Biara Vézelay pada 1979. Sedangkan yang paling akhir diakui adalah The Pitons pada 2010. Situs lainnya dari Perancis adalah Istana dan Taman Versailles, Katedral Chartres, dan Bank Seine.

[imagetag]
Versailles Palace (Sumber: Wikimedia)

5. Jerman
Hadir di tempat kelima adalah Jerman dengan 33 Situs Warisan Budaya Dunia. Paling pertama diakui oleh UNESCO adalah Katedral Aachen pada 1978, dan terakhir adalah Laut Wadden pada 2009. Situs lainnya yang terkenal dari Jerman adalah Kota Bamberg, Kota Hanseatic, Monumen Roman, dan Katedral Cologne. 

[imagetag]
Aachen Cathedral North (Sumber: Wikimedia)

Sumber: Wikimedia, 2011 and Uniknya.com
658910

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar