Kamis, 26 Juli 2012

5 Persiapan Saat Ingin Berolahraga di Siang Hari

img  
Kebanyakan orang memilih berolahraga di pagi atau sore menjelang malam. Namun ada pula yang lebih suka olahraga di siang hari. Melakukan aktivitas fisik di bawah terik matahari memang butuh persiapan tersendiri. Ini tips yang perlu diperhatikan jika Anda ingin olahraga di siang hari, seperti dilansir Health Me Up.

1. Sepatu Berkualitas Bagus & Mudah Menyerap Keringat
Kesalahan paling umum yang pernah dilakukan orang saat mereka olahraga lari, jogging atau bersepeda adalah memakai sneakers lama. Saat berolahraga di siang hari, sepatu yang harus Anda gunakan harus didesain khusus untuk beraktivitas fisik. Hal ini untuk mencegah terjadinya cedera atau sakit pada kaki.

Selain itu, pilih juga sepatu dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Saat cuaca panas, kaki berkeringat lebih banyak dan karena dalam keadaan tertutup, berpotensi lembab dan bisa menimbulkan jamur serta bau kaki. Jangan lupa juga kenakan kaus kaki berbahan katun.

2. Kenakan T-shirt Katun
Kenakan pakaian yang nyaman, tidak terlalu ketat dan mudah menyerap keringat. Jika memakai celana pendek, pilih yang tidak terlalu ketat. Baju olahraga yang baik harus pas di badan tapi tidak mengganggu gerak langkah Anda saat jogging, jalan cepat atau pemanasan. Boleh saja memakai celana training panjang, namun pilih yang berbahan katun, jangan parasut. Untuk olahraga di siang hari, sangat dianjurkan mengenakan pakaian berwarna terang dan lembut seperti pastel. Hindari pakaian gelap karena bisa menyerap sinar matahari dan membuat Anda semakin kepanasan.

3. Gunakan Tabir Surya
Sebisa mungkin hindari pajanan sinar matahari langsung ke kulit. Disarankan mengenakan kaus dan celana katun tangan panjang. Jika memungkinkan, hindari olahraga di atas pukul 13.00. Tapi jika harus dan Anda hanya sempat olahraga di bawah terik matahari, gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Oleskan ulang setiap dua atau tiga jam sekali.

4. Ajak Partner
Olahraga di siang hari bisa sangat melelahkan. Untuk menambah semangat, ajak teman, sahabat atau keluarga sebagai partner olahraga Anda. Lakukan aktivitas yang bisa dilakukan berdua, seperti tennis, jogging, bersepeda atau basket. Tapi perlu diingat, ajaklah partner yang juga hobi olahraga, punya satu visi untuk menjalankan gaya hidup sehat dan bisa memotivasi Anda untuk tetap semangat olahraga di tengah cuaca yang panas.

5. Minum Campuran Air Dingin dan Lemon
Olahraga di siang hari dan dalam cuaca yang panas, keringat pun jadi keluar lebih banyak. Karena keringat tidak hanya mengandung air tapi juga elektrolit, maka minum air putih saja tidak cukup. Minuman energi atau sports drink mungkin bisa membantu menghilangkan elektrolit yang hilang, tapi akan lebih sehat jika Anda meminum yang alami. Bawa sebotol air yang sudah dicampur perasan jeruk lemon. Buah lemon membantu meningkatkan penyerapan air bagi tubuh sehingga rehidrasi bisa lebih cepat berlangsung di dalam tubuh.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar