Minggu, 29 Juli 2012

8 Tips Hadapi Sidang Lalu Lintas

Begini ceritanya gan, sekitar seminggu yang lalu ane naik motor melintasi kawasan Man**a D*a, J*k*rt*. Nah pas lagi seru-serunya bawa motor nih gan, dengan penuh kesadaran dan keyakinan disertai rasa PD tingkat akut pas lampu merah ane ngelanggar garis belang, item putih (read: zebra cross). Dalam sekejap langsung nongol aja tuh pak polisi yang berwibawa dan penuh rasa keadilan ngasih ane surat tilang. Karena ane sedang ingin sekali jadi orang baik, ane tempuh jalur pengadilan. Akhirnya ane pulang bawa oleh-oleh surat tilang dengan rasa gundah dan berkecamuk dalam hati. Pas di jalan ane menggerutu sejadi-jadinya, merenungi nasib ane yang malang.(halah LEBAY!!)
Singkat cerita nih gan, hari Jum’at kemarin ane menghadiri persidangan TINDAK PIDANA PELANGGARAN..huhuy.. apa ga keren tuh gan?? Nah dari sini nih ane dapetin tips n’ trik menghadapi sidang tilang. Siapa tau trips n trik ini bermanfaat buat ente-ente yang belum berpengalaman gan. Langsung aja gan disimak trips n’ triknya:
 
1. Pertama : Berdo’a
Segala sesuatu memang harus diawali dengan berdo’a gan, supaya Allah ridha sama kita. Kalau menurut ane nih gan, keberhasilan seseorang itu 80% karena do’a dan 20%nya karena usaha. Namun bukan berarti do’a aja udah cukup gan, usaha harus tetap ada walaupun prosentasenya lebih sedikit. Do’a itu sangat penting gan dan harus diutamakan. Siapa tau ni gan, agan udah capek-capek persiapan sidang, eee.. ga taunya pas di jalan motor agan nginjek tokai terus kepleset, abis itu jatuh deh gan. Bukannya ikut sidang tapi malah patah tulang. Atau mungkin aja pas agan udah siap sidang, di tengah jalan ujan deres banget gan pake petir lagi. Segala hal yang tadinya udah agan siapin jadi sia-sia deh. Makannya gan DO’A itu PENTING!!
 
2. Kedua : MBM = Mandi+Boker+Makan
Konon katanya gan, mandi pagi bisa menghilangkan depresi dan stress sehingga membuat pikiran jadi lebih tenang dan menjalankan aktivitas dengan penuh semangat. Dengan mandi pagi akan membuat agan lebih rileks dan bersemangat dalam menjalani persidangan. Diluar semua itu gan, masak sih ente ga malu?? masih bau iler ikut sidang. Misalkan ente ga malu, masak ente tega sama temen-temen sepersidangan ente? Mereka udah capek-capek mikirin denda buat sidang, masih tambah stress mikirin bau badan ente yang ga karuan. Tau diri dong gan!!
 
Selain mandi boker juga penting sangat gan. Jangan sampe di saat menegangkan menunggu persidangan atau di tengah persidangan agan basah kuyup, keringetan gara-gara nahan boker. Agan ga bisa konsentrasi gara-gara ada yang nyundul-nyundul pantat agan. Ujung pantat yang menguncup mulai merekah seakan-akan ingin meledak yang akhirnya membuyarkan segala rencana yang telah agan susun. Apalagi kalo agan tipe ora yang ga kuat nahan boker, tau kan gan akibatnya? Ya ‘cepirit’ deh. Malu kan gan? So, usahakan boker dulu sebelum berangkat.
Makan pagi dapat meningkatkan kecerdasan otak, membantu lebih fokus dan konsentrasi dalam melakukan aktivitas. Jadi makan pagi itu penting, biar agan bisa fokus dan lebih konsen dalam persidangan. Kalo agan ga makan pagi bisa-bisa pas disidang cuma bengong aja atau ga konsen gara-gara kelaperan. Akhirnya agan sendiri yang rugi nanti. Selain itu makan pagi bisa menambah energi, supaya agan ga pingsan karena terlalu syok mengikuti persidangan.
 
3. Ketiga : Jangan Lupa Bawa Surat Tilang
Bayangkan gan, agan udah dandan rapi bak perdana mentri, tampan bak pragawan, masuk pengadilan dengan gagahnya, penuh keyakinan, percaya diri, penuh kharisma, tiba-tiba semuanya runtuh, luluh lantah, seketika muka agan memerah padam, keringat mengucur deras, stress, pusing, bingung ketika agan menyadari agan lupa bawa surat tilangnya. Usahakan siap semalam sebelum berangkat sidang.
 
4. Keempat : Bawa SIM/STNK
Kalo ditilang biasanya yang disita SIM-nya, kalo ga bawa SIM terpaksa deh STNK ente yang digaruk ama pak polisi. Nah jangan lupa dibawa tuh STNK/SIM yang masih ditangan, Kenapa emangnya? Emang dibutuhin pas sidang? Ya kagak gan tapi ga lucu juga kan gan, kalo pas dijalan agan ditilang gara-gara ga bawa SIM/STNK. Jadinya harus sidang dua kali deh, bayarnya juga dobel gan. Itu sih namanya sudah jatuh, tertimpa gajah gan. Bisa mrongos mendadak ntar ente!!Jadi usahakan lengkap, kalo bawa motor pake helm , jangan lupa nyalain lampu juga, dll penting yang tertib, SNI-lah pokoknya.
 
5. Kelima : Pake Celana Panjang + Sepatu
Kemarin nih ane datang cuma pake celana pendek, sendal jepit, modalnya mandi doang. Sampe pengadilan kagak boleh masuk ama pak satpam, gara-gara pake sendal jepit ama celana pendek. Akhirnya ane disuruh nyewa sendal butut gan, ngrogoh kocek lagi nih, 5ribu melayang cuma gara-gara sendal. Jadi siapin tuh celana panjang ama sepatu, kalo perlu beli baru, ga punya duit pinjem ama temen, kalo perlu muka-muka dipermak sekalian didempul sekalian. Jangan sampe pas agan mau masuk, pak satpamnya bilang, “monyet dilarang masuk!” gara-gara muka agan belum dipermak. Ggagagga..
 
6. Keenam : Pelajari Pasal
Usahakan sebelum berangkat, pelajari pasal yang agan langgar di undang-undang. Lihat berapa dendanya dan isi dari pasalnya sesuai dengan apa yang agan langgar atau ga. Jadi agan udah tau ntar di pengadilan mau ngomong apa. Siapa tau ntar agan dijatuhi hukuman denda 500rb, padahal pasal yang agan langgar denda maksimal Cuma 100rb, tapi berhubung agan ga tau dengan penuh keikhlasan dan ketulusan (padahal mau pingsan) agan bayar 500rb. Wah wah wah,, itu namanya dikibulin gan!!bisa lenyap selenyapnya lenyap duit agan!!sampe-sampe beli sabun buat cebok aja dah ga kuat ntar gan, Cuma gara-gara ga baca pasal.
 
7. Ketujuh : Jangan Pake Jasa Calo
Kalo agan datang ke sidang usahakan urus sendiri aja gan, jangan pake jasa calo. Kemarin nih waktu ane diparkiran udah banyak banget calo yang nungguin, kaya orang antri sembako atau bisa disebut juga kaya anjing rebutan daging. Baru ngangkat pantat, belum sempet betulin sempak, ane udah dibombardir ama calo-calo “mau titip mas?”, trs ane jawab “berapa pak?”, calonya jawab “liat suratnya dulu mas, pelanggarannya dimana?”, wah kalo ane kasih surat ane, ntar diembat lagi, tanpa pikir panjang (padahal emang ga pernah mikir) langsung aja ane ngacir ke pengadilan. Ehh..  Si calo malah nakut-nakutin ane gan, dia bilang “ Mas di dalem antrinya rame, ribuan orang, kalo sama saya 10 menit udah jadi, mas juga pake celana pendek, sendal jepit lagi, ga boleh masuk mas!!”. Emangnya ane takut apa??(padahal ane emang bener-bener takut gan, gertakannya emang super duper maut). Tanpa ane gubris tu calo, langsung aja ane masuk ke pengadilan. Mau gimana lagi gan? Udah kepalang basah, ane habis-habisin aja sekalian. Dan ternyata setelah ane masuk,…JRENG-JRENG,.GUNDANG GUNJLENG.,, di dalam ada tempat sewa sendal, dan parahnya yang ngantri cuma belasan orang, emang bener-bener wangi tu mulut calo!! Jadi urusin sendiri aja gan, dari pada malu-maluin dikibulin ama calo, kecuali kalo pake calo lebih murah, itu beda urusannya, atau agan JATUH CINTA ama calonya, atau mungkin agan sendiri malah seorang CALO SEJATI..hahaha…
 
8. Kedelapan : Baca Tips n’ Trick Hadapi Sidang
Nah ini juga paling penting diantara yang terpenting gan. Baca tips n trick mengenai persidangan, lah contonya ya punya ane ini gan. Dengan membaca mungkin bisa menambah wawasan (biar ga keliatan cupu gitu), membaca itu emang bisa bikin orang lebih mengenal dunia, bebas berfantasi dan berimajinasi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Termasuk membaca tips n trick dari ane ini, menambah wawasan agan. Jadi jangan kapok ya gan baca tulisan ane..hahaha
 
Ane kira sekian aja gan tips n trick nya, semoga bermafaat dan nambah pengetahuan buat ente-ente semua. Good Luck!!!
#NB    : Jadilah orang yang patuh dengan peraturan, usahakan untuk tidak melanggarnya. Peraturan dibuat untuk ditaati bukan untuk dilanggar. Apabila terpaksa dengan sengaja atau pun tidak sengaja melanggar peraturan, jangan pernah menempuh jalur damai. Damai di dunia belum tentu damai pula di akhirat. Suap tidak akan pernah ada tanpa ada orang yang menyuap dan orang yang disuap. Orang yang disuap tidak akan pernah ada tanpa ada orang yang menyuap. Pilihan ada ditangan kalian, apakah kalian ingin menjadi seorang penyuap yang hina atau sebaliknya menjadi orang yang jujur yang mulia. Ingatlah selalu Allah Maha Melihat.
 
sumber : http://memantau.blogspot.com/2012/07/tips-dan-trik-hadapi-sidang-lalu-lintas.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar