Kamis, 26 Juli 2012

Hukum Tidur Saat Menjalankan Ibadah Puasa

tidur saat sedang puasa foto

Segala yang kita lakukan di bulan ramadhan selalu dilipatgandakan oleh ALLAH SWT, jadi jangan sampai menyia-nyiakan bulan ramadhan hanya untuk bermalas-malasan karena bulan suci ramadhan merupakan saat panen raya bagi umat muslim. Hanya dengan tidur saja, insyaallah itu sudah mendapatkan pahala, bandingkan dengan bulan lainnya. Lalu bagaimana jika melakukan kegiatan lain seperti membaca al-quran, bekerja dan kegiatan positif lainnya, maka pahala yang diberikan akan berlipat ganda, Insyallah.
Tetapi tidak setiap orang dapat melakukan berbagai kegiatan saat sedang berpuasa di bulan ramadhan, ada kalanya malah harus tidur di siang hari lantaran bekerja pada malam hari. Lalu bagaimana hukumnya jika orang yang berpuasa itu hanya tidur saja sepanjang hari dan tentunya bangun hanya untuk melaksanakan shalat saja. Jika kamu merupakan salah satu orang yang hanya tidur saja sepanjang hari selama berpuasa, coba simak pendapat dari Muhammad Arifin, MA. Beliau adalah dosen bahasa arab di fakultas psikologi UIN Jakarta dan juga anggotaq dewan pakar tafsir pusat studi al-quran.

Menurut pendapat beliau, orang yang hanya tertidur saja selama berpuasa maka puasanya tetap sah karena memang tidur tidak membatalkan puasa. Selain itu tidur yang dilakukan lantaran harus bekerja pada malam hari itu tetap diperkenankan karena tidur yang dilakukan bukanlah tidur untuk bermalas-malasan. Tetapi jangan sampai lupa untuk tetap melaksanakan shalat dhuhur dan shalat ashar. Perlu diketahui pula, saat puasa dimakruhkan untuk bermalas-malasan seperti halnya tidur, tetapi tidur lantaran bekerja pada malam hari bukanlah termasuk tidur untuk bermalas-malasan. Wallahu a’lam.

sumber : http://www.alhadidyunus.com/tidur-terus-saat-menjalankan-ibadah-puasa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar