Selasa, 31 Juli 2012

Putrinya Diadili, Ibu Nekat Bakar Diri Hingga Tewas



[imagetag]
Hanoi, Gara-gara putrinya diadili atas tudingan propaganda melawan pemerintah komunis, seorang ibu di Vietnam nekat membakar dirinya. Tragis, wanita berusia 64 tahun ini tewas akibat aksinya tersebut.
Wanita bernama Dang Thi Kim Lieng ini merupakan ibunda dari Ta Phong Tan (43), seorang mantan polisi setempat yang diadili atas kasus propaganda melawan pemerintah Vietnam. Bersama dengan 2 orang lainnya, Tan yang seorang blogger ternama di Vietnam ini didakwa telah 'memutarbalikkan kebenaran dan merendahkan negara' dengan mem-posting ratusan artikel dalam situs yang dilarang di Vietnam, "Free Journalists Club", dan juga di blog masing-masing.

Kemarin (30/7), Tan menjalani persidangan di Pengadilan Ho Chi Minh City bersama 2 terdakwa lainnya. Sang ibunda, Dang, nekat melakukan aksi bakar diri beberapa saat sebelum sidang putrinya digelar. Dang membakar dirinya sendiri di depan kantor otoritas setempat, Komite Rakyat Bac Lieu.

"Dia sangat khawatir dengan kondisi putrinya... dia terlalu khawatir soal persidangan putrinya... dia takut tidak bisa bertemu dengan putrinya lagi," ujar seorang aktivis Katolik setempat, Le Quoc Quan, seperti dilansir oleh Asia One, Selasa (31/7/2012).

Akibat aksinya ini, Dang menderita luka bakar parah dan nyawanya pun tak terselamatkan.

"Lukanya sangat serius dan dia meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit," ujar kerabat dekat keluarga korban, Dinh Huu Thoai.


[imagetag]


Sumber

 



812562

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar