Kamis, 02 Agustus 2012

10 Cara Mudah Menghijaukan Kantor

Secara teknis Hari Bumi memang sudah berakhir kemarin tapi bukankah kita harus berlaku setiap harinya adalah hari bumi? Sebenarnya sangat mudah untuk membuat kantor menjadi lebih hijau dan jangan takut cara ini tidak perlu membuat Anda harus mulai membawa kertas toilet sendiri
Ini adalah perusahaan dan bukan sebuah komunitas, jadi jika Anda menemukan kalau kantor kurang peduli mengenai penghijauan dan ingin memulai kampanye di kantor, TheGrindstone 24 April 2012 memberikan 10 cara mudah untuk itu :

1. Perhatikan Penggunaan Kertas
Pikirkan kembali berapa banyak kertas yang digunakan setiap harinya. Apakah kita perlu menggunakan semua ''post-it'' yang ada untuk membuat catatan? Atau apakah kita perlu mencetak semua pesan yang masuk ke email?

2. Hemat Listrik
Jangan duduk di kegelapan sepanjang hari seperti layaknya drakula tapi kadang-kadang akan sangat baik untuk mematikan lampu usai jam kerja. Jika Anda perlu lembur dan sendirian di kantor, pikirkan kembali apakah perlu menyalakan semua lampu di seluruh ruangan.

3. Perbanyak tanaman
Hasil penelitian menunjukkan kalau adanya tanaman di dalam ruangan membuat pekerja lebih bahagia dan mengurangi stres. Peneliti dari University of Technology, Sydney menyebut tanaman memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan, pendinginan dan mengurangi efek suara berisik. Ditambah lagi, ruangan akan terlihat lebih cantik.

4, Bebas Pembersih Bebas Racun
Mungkin cairan pembersih yang Anda miliki saat ini sangat membantu pekerjaan membersihkan setiap hari. Tapi Anda akan banyak membantu Ibu Pertiwi dengan memilih menggunakan soda kue, cuka dan lemon untuk membersihkan kaca atau meja di kantor.

5. Hemat Transportasi
Karyawan yang memiliki rumah di daerah yang sama mungkin bisa bersama-sama pergi ke kantor dengan menggunakan satu kendaraan.

6. Gunakan Saringan Kopi Yang Bisa Dipakai Kembali
Kurangi ampas kopi dengan menggunakan saringan kopi yang dapat digunakan kembali.

7. Atur Suhu
Apakah Anda tidak merasa aneh, jika di kantor dan merasa kedinginan karena alat pendingin ruangan? Menutup jendela untuk menyimpan panas matahari dan mengurangi suhu yang ada di dalam ruangan.

8. Gunakan Tinta Berbahan Dasar Kedelai
Gunakan tinta dari kacang kedelai lebih baik untuk lingkungan dan lebih murah. Kacang kedeli hanya menggunakan sekitar 0.5% dari total energi yang diperlukan untuk membuat tinta.

9. Pilih Seseorang Untuk Memulai Kampanye
Lebih menguntungkan jika Anda memilih salah satu teman di kantor untuk menjadi relawan bagi kegiatan penghijauan kantor ini. Pastikan saja dia bukan orang yang menyebalkan dan mudah dipercaya.

10. Gunakan Peralatan Makan Yang Dipakai Kembali
Ganti semua gelas kertas dengan mug atau gelas yang bisa dicuci dan digunakan kembali.
sumber : http://sibukforever.blogspot.com/2012/05/10-cara-mudah-menghijaukan-kantor.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar