Kamis, 02 Agustus 2012

3 Hal Luar Biasa Yang di Ciptakan Oleh Donal Bebek


Siapa sih yang gak kenal Donal Bebek (Donald Duck), mulai dari kakek – nenek sampai anak – anak kecil seemua pasti kenal tokoh kartun satu ini. Dan gak ketinggalan juga teman – teman si donal. Mulai dari Paman Gober dan tiga keponakannya Kwik, Kwek dan Kwak. Tapi, ana-anda yang baca sekarang pada sadar gak kalo komik Donal Bebek ini juga menciptakan hal – hal yang mengagumkan.

#1. Paman Gober menciptakan manga



Nah, di atas tadi disebutkan kalo Carl berhasil menemukan moleku baru, tapi tau gak gan hal yang lebih hebat lagi?

Carl Barks bisa dibilang sebagai orang yang turut menciptakan manga.

Lho? Kok bisa?

Tau Osamu Tezuka kan gan? Buat yang gak tau, dia ini bisa dibilang sebagai bapaknya manga. Dan dia juga menginspirasi lahirnya anime. Nih salah satu karyanya:



Nah, Osamu terinspirasi menggambar manga berasal dari tokoh paman Gober. Osamu secara terang – terangan mengakui gaya menggambar dia sangat mirip dengan tokoh Paman Gober. Maksudnya gini lho, ‘kan anda-anda yang hobi baca manga pasti tau kalo semua mata karakter di manga itu besar – besar dan mulutnya kecil – kecil. Nah, osamu ngaku kalo itu tadi terinspirsi dari gambar Paman Gober.



Jadi intinya, kalo ini gak ada:



Maka, kita gak akan pernah liat yang kayak gini:
 
#2. Donal Bebek menemukan molekul baru 20 tahun lebih awal dari para ahli kimia



Carl Barks adalah satu – satunya pengarang komik Donal Bebek yang namanya diabadikan menjadi salah satu nama dari komet oleh Universitas Cornell. Ini semua karena Carl memiliki kontribusi yang besar dibidang kimia.

Lho? Kok bisa?



Jadi gini, di komik Donal Bebek edisi tahun 1944, Donal diceritakan sedang membantu PR kimia ketiga keponakannya. Dan setelah kepalanya ketimpa mangkok kaca, tiba – tiba ia mendapat wangsit dan menamakan molekul yang ditemukannya sebagai “ducknamite”.



20 tahun kemudian, Disney mendapat surat dari Joseph B. Lambert dari Institut Teknologi California bahwa mereka akan mempublikasi sebuah jurnal yang isinya mereka baru menemukan sebuah molekul baru, yang bernama Methylene, setahun belakangan. Nah, sumber dari jurnal ini adalah komik Donal Bebek diatas!
Jadi kalo kita urutkan, Carl Barks, seorang pengarang komik Donal Bebek tanpa ada pengalaman sebagai ahli kimia berhasil menemukan sebuah molekul baru 20 tahun lebih awal dari para ahli kimia. 


#3. Paman Gober lebih duluan melakukan Inception daripada film Inception sendiri



Siapa sih yang gak tau film Inception, film ini banyak mendapat respon positif mulai dari para kritikus film hingga para penonton karena ide-nya yang sangat original. Film ini mengangkat tema yang benar – benar baru dan jalan cerita yang inovatif seperti memasuki dunia mimpi, pencurian pemikiran dan penggunaan ‘totem’ sebagai pembeda dunia nyata dan dunia mimpi. Intinya, film ini ‘sesuatu’ banget. Dan ternyata, paman Gober pernah lebih dulu mengalami ‘sesuatu’ itu.

Lho? Kok bisa?



Jadi, di komik Donal Bebek edisi 2002, delapan tahun sebelum Nolan mulai syuting Inception, diceritakan bahwa Gerombolan Siberat berencana masuk ke mimpi paman Gober supaya mereka bisa tahu nomor sandi brankas penyimpanan uang milik Paman Gober. Dan di film Inception, Leonardo DiCaprio ditugaskan untuk masuk ke mimpi salah seorang pemilik perusahaan besar. Sama persis gan!



Nah, setelah Gerombolan Siberat berhasil masuk kedalam mimpi Paman Gober, mereka mulai kesulitan untuk membedakan mana dunia nyata dan mana dunia mimpi. Di Inception juga seperti itu, bedanya di film tersebut mereka menggunakan sebuah benda spesial atau ‘totem’ supaya bisa membedakan antara dunia nyata & dunia mimpi.



Kemudian, si Donal juga turut masuk ke dunia mimpi. Ia datang untuk membantu ketiga anggota genk tadi keluar dari dunia mimpi. Caranya? Kalo di Inception adalah dengan menciptakan perasaan seakan – akan ‘mau jatuh’ sehingga mereka akan langgsung terbangun. Sedangkan di komik? Sama persis!



Lalu, di komik diceritakan Paman Gober mulai melompat dari satu mimpi ke mimpi dia yang lain dimana setiap kali Paman Gober masuk ke mimpi yang baru dia tidak akan ingat dengan mimpi sebelumnya dan satu – satunya bebek yang tahu tentang hal ini adalah Donal karena dia bukan bagian dari mimpi. Lagi – lagi mirip persis dengan di Inception.

Dan terakhir, di Inception diperlihatkan bahwa DiCaprio menyimpan memori tentang istrinya yang telah wafat karena DiCaprio merasa dia yang bertanggungjawab atas kematian istrinya.



Nah? Di komik ada juga gak?

Silahkan lihat gambar dibawah ini:



Tokoh diatas bernama Goldie, mantan pacarnya Paman Gober. Walaupun gak jelas apakah dia sudah mati atau belum, tapi yang pasti Scoorge juga menyimpan memori tentang Goldie karena dia merasa bersalah telah menyia – nyiakan Goldie.

Christopher Nolan (sutradara Inception) selalu menjawab “no comment” tentang masalah ini dan hanya mengatakan bahwa inspirasi film Inception berasal dari wangsit. 

sumber : http://sibukforever.blogspot.com/2012/05/3-hal-luar-biasa-yang-diciptakan-oleh.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar