Jumat, 10 Agustus 2012

5 Kebiasaan Malam Hari Yang Mengganggu Tidur

5 Kebiasaan malam hari yang mengganggu tidur
Sering susah tidur atau tidur tak nyenyak di malam hari? Coba cek hal-hal yang Anda lakukan di sore dan malam hari sebelum tidur. Beberapa kebiasaan berikut ini bisa mengganggu tidur nyenyak Anda, seperti dilansir oleh Fitsugar.com.
1. Menonton televisi di malam hari
Menonton televisi atau film di malam hari sering membuat orang melewatkan jam tidur. Menonton televisi atau terlalu banyak melihat layar komputer akan mempengaruhi jam tubuh. Jadi lebih baik kurangi menonton televisi atau menggunakan komputer di malam hari. Pastikan untuk mematikan alat-alat elektronik itu 20 menit sebelum tidur.
2. Berolahraga malam hari
Berolahraga setelah jam kerja tidak akan mengganggu jam tidur. Bahkan, faktanya berolahraga secara teratur akan membuat tidur lebih nyenyak. Namun berolahraga beberapa jam sebelum tidur bisa membuat tubuh berenergi dan susah terlelap. Jangan pilih waktu olahraga yang berdekatan dengan waktu tidur. Setidaknya olahraga harus sudah selesai 2 - 3 jam sebelum tidur.
3. Kecemasan pekerjaan
Punya pekerjaan yang belum selesai? Atau deadline kerja membuat cemas? Jangan habiskan waktu di malam hari untuk memikirkannya. Cobalah membuat badan dan pikiran tenang sebelum tidur. Anda bisa melakukan meditasi, sedikit stretching, atau kebiasaan lainnya yang bisa membuat tenang dan mengalihkan perhatian dari pekerjaan.
4. Ngemil
Kebiasaan ini biasanya terjadi mengikuti kebiasaan nomor satu, yaitu menonton televisi. Ngemil di malam hari tidak apa-apa asalkan tidak terlalu banyak. Perut kenyang tak baik untuk dibawa tidur. Jika tak mau tidur terganggu, batasi jumlah cemilan atau ngemil beberapa jam sebelum tidur.
5. Minum alkohol
Minum alkohol memang bisa membuat cepat tidur, tetapi alkohol juga mempengaruhi kualitas tidur Anda. Jika ingin bangun dengan tubuh segar, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman beralkohol sebelum tidur. Sebagai gantinya minum saja teh herbal.
Itulah beberapa kebiasaan yang membuat susah tidur dan menggangu tidur nyenyak. Jika Anda sering mengalami tidur yang tak nyenyak, mungkin salah satu kebiasaan di atas sering Anda lakukan.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar