Kamis, 02 Agustus 2012

5 Tips Aman Membawa Uang Saat Liburan

dok. thinkstock
Tidak semua tempat liburan menyediakan mesin ATM, terlebih lagi di tempat terpencil. Namun membawa uang terlalu banyak juga membuat Anda rentan kecopetan. Ikuti 5 tips berikut agar aman membawa uang saat liburan.

Berlibur ke pulau atau daerah terpencil membuat Anda kesulitan menemukan mesin ATM. Namun, membawa uang terlalu banyak juga membuat Anda tidak tenang karena takut dicopet. Tapi tidak mungkin juga membawa uang terlalu sedikit, bukan? Berikut 5 tips aman membawa uang saat liburan yang disusun detikTravel, Senin (5/3/2012):


1. Pisahkan uang di beberapa tempat

Untuk membawa uang banyak tanpa khawatir dicuri, Anda bisa memisahkan uang ke beberapa tempat. Jika Anda membawa dua tas, maka taruhlah uang di kedua tempat tersebut. Setelah dibagi dalam kedua tas tersebut, Anda pun masih harus menyebarnya ke beberapa bagian di dalam tas. Jangan taruh uang di tempat mencolok seperti dompet atau tempat kecil.

Anda bisa menaruh uang di kaus kaki atau selipan buku. Khusus tas jinjing, Anda bisa memilih tas yang banyak kantung bersleting. Hal ini memudahkan Anda untuk memisahkan uang sekaligus membuat barang-barang di tas lebih aman.

2. Pegang uang secukupnya

Saat ke pantai atau sedang berjalan-jalan di kota, sebaiknya Anda hanya membawa uang secukupnya. Terlebih lagi saat ingin berenang di pantai. Jangan sampai acara berenang Anda tidak nyaman karena khawatir meninggalkan uang banyak di tas. Selain lebih aman, membawa uang secukupnya juga bisa membuat Anda lebih hemat!

3. Kantong rahasia

Menaruh uang di tas pinggang sudah tidak aman! Tas macam itu sudah dikenal di kalangan pencopet. Jika masih juga memakainya, Anda akan jadi sasaran empuk pencopet! Buat kantung rahasia yang bisa Anda taruh di dalam baju. Kantung rahasia bisa terbuat dari bahan tipis, dikalungkan di leher, atau dimasukkan ke dalam baju. Dengan bahannya yang tipis, kantung ini tidak akan menarik perhatian orang lain.

4. Perbanyak uang pecahan kecil

Tidak hanya memudahkan transaksi, uang pecahan kecil juga bisa lebih membuat Anda lebih aman. Dengan membayar uang pas, Anda tidak perlu mengeluarkan dompet, apalagi memberi uang yang terlalu besar. Uang yang terlalu besar tentu akan menarik para pencopet karena Anda dianggap membawa banyak uang.

5. Simpan dompet di tempat yang aman

Menunjukkan dompet di tempat umum benar-benar bukan hal yang dianjurkan. Dengan menunjukkan dompet, Anda bisa jadi sasaran para pencuri. Taruh dompet baik-baik di dalam tas, keluarkan hanya pada saat dibutuhkan. Taruh uang kecil di beberapa bagian di dalam tas, sehingga pada saat butuh uang, Anda hanya perlu merogoh kantong.
 
sumber : http://sibukforever.blogspot.com/2012/03/5-tips-aman-membawa-uang-saat-liburan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar