Kamis, 02 Agustus 2012

5 Tips Pertama Kali ke India

India kota yang padat, ramai, sibuk, jorok, menakutkan, tapi juga bisa menyenangkan. Semua hal itu ada di India, siapkah Anda berkunjung kesana, untuk pertama kali? Jika tidak, sebaiknya lakukan persiapan dengan sebaik-baiknya sehingga Anda tidak repot dan menyesal.

Untuk membantu Anda, LonelyPlanet berbagai tipsnya. Ini dia:

1. Pilih rute Anda dengan bijaksana
Pikirkan apa yang ingin Anda tuju disana dan paling Anda sukai. India sangat populer dengan tur klasik Golden Triangle. Klise, ya, tapi jika waktu Anda singkat dan ingin mengenal tiga tujuan India terbaik, maka mulai di Delhi (Makam Hamayun), lalu di Agra (Taj Mahal, Agra, Fatehpur Sikri) selanjutnya Jaipur (Pink City, benteng di Amber). Untuk belanja Anda bisa melakukannya di Delhi sebelum Anda pulang.

2. Fokus pada tujuan Anda
Banyak orang mencoba untuk menjelajahi terlalu banyak tujuan di India. Sebaiknya Anda tidak seperti mereka, lebih baik melihat satu tempat dengan waktu yang cukup sehingga ada manfaat dan pengalaman yang Anda dapatkan. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi stress karena fokus di satu tempat sekaligus lebih banyak waktu membangun hubungan dengan orang yang Anda temui.

3. Hindari orang banyak
India merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar. Tapi di sana juga ada tempat-tempat yang tenang. Jika Anda ingin jauh dari keramaian kota, pertimbangkan menuju selatan ke backwaters Kerala, dan utara ke Tibet yang dikelilingi daerah pegunungan seperti Ladakh.

4. Tetap sehat
Orang India adalah vegetarian, sehingga akan sedikit sulit mengonsumsi daging. Tapi lebih baik karena makan sayuran dan buah-buahan lebih menyehatkan bukan? Tapi jika Anda ingin makan daging, pastikan itu dimasak dengan baik. Jika ragu, makan di tempat yang dikemas.

Toilet di India terkenal buruk, sehingga kemanapun Anda pergi sebaiknya membawa sabun untuk cuci tangan. Usahakan selalu mencuci dengan air dan jangan kertas kering.

5. Tetap tenang
India terkenal dengan calo dan penipuan. Ada berbagai cara Anda dapat mengurangi kemungkinan ditipu, salah satunya tetap tenang dan ambil sikap tidak peduli. Di India, orang mudah frustrasi tapi Anda bisa mengendalikannya dengan menarik nafas dalam-dalam dan melanjutkan perjalanan, dengan demikian Anda bisa menikmati pengalaman Anda secara keseluruhan.

Semoga tips ini cukup bermanfaat bagi Anda!

sumber : http://sibukforever.blogspot.com/2011/11/5-tips-pertama-kali-ke-india.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar