Jumat, 10 Agustus 2012

7 Kesalahan Kesehatan Yang Masih Sering di Lakukan

7 Kesalahan kesehatan yang masih sering dilakukan
Banyak orang yang mengaku pintar, berpendidikan, dan memperhatikan masalah kesehatan. Namun pada kenyataannya, masih banyak juga orang yang melakukan kesalahan-kesalahan bodoh yang bisa membahayakan kesehatan mereka. Apa saja kesalahan itu? Ini dia rinciannya, seperti dilansir oleh Life Script.
1. Melewatkan sarapan
Sarapan terlalu mudah dan penting untuk dilewatkan. Saat tidur, metabolisme tubuh berkurang, sehingga saat bangun tubuh membutuhkan makanan untuk memulai proses metabolisme kembali. Jika tak sarapan, tubuh bisa kekurangan energi.
2. Melakukan tanning
Sudah jelas bahwa sinar matahari bisa berbahaya bagi tubuh, lalu kenapa masih mengambil risiko dengan melakukan tanning. Baik menggunakan tanning bed, atau semprotan, tanning bisa berbahaya bagi kulit. Antara lain membuat kulit lebih cepat menua dan bahkan menyebabkan kanker
3. Merokok
Banyak orang yang sudah paham apa saja zat berbahaya yang ada pada rokok. Namun tetap saja masih banyak orang yang melakukannya. Tak hanya menyebabkan kanker tenggorokan dan paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan impoten, komplikasi kehamilan, serta kerutan pada kulit wajah.
4. Tak suka latihan angkat beban
Mitos yang mengatakan bahwa latihan angkat beban akan membuat badan berotot membuat para wanita melewatkan latihan ini. Padahal latihan angkat beban bagus untuk metabolisme selama sehari. Selain itu, latihan angkat beban juga membuat wanita mudah menaikkan berat badan.
5. Menghindari dokter
Tak ada yang suka pergi ke dokter. Faktanya, selain membuang waktu, mendatangi dokter juga membuang uang. Namun melakukan check up secara teratur pada dokter bisa berarti banyak bagi kesehatan. Mendeteksi penyakit saat belum terjadi atau di awal bisa membuat Anda lebih mudah menangani atau mencegah penyakit bertambah parah. Terutama jika Anda sudah berusia 40 tahun ke atas.
6. Tak cukup tidur
Bukankah semua orang sudah tahu bahwa setidaknya mereka harus tidur delapan jam setiap malam? Lalu mengapa masih banyak orang yang begadang dan tidur terlalu larut? Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur bisa mengakibatkan bertambahnya berat badan, depresi, kecemasan, penyakit jantung, dan insulin.
7. Minum kalori
Tanpa sadar banyak orang yang menghabiskan jatah kalorinya hanya dalam satu gelas minuman. Contohnya adalah kopi, smoothies, minuman soda, jus, dan alkohol. Minuman ini bisa membuat Anda mengonsumsi ekstra kalori setiap harinya. Tak heran kalau diet Anda tak bisa berhasil.
Itulah tujuh kesalahan dalam hal kesehatan yang telah diketahui banyak orang, tetapi tetap saja dilakukan. Jika Anda memperhatikan kesehatan tubuh, segera kurangi dan hindari kesalahan-kesalahan di atas.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar