Kamis, 02 Agustus 2012

7 Tips Aman Menggunakan ATM

Membawa uang tunai dalam hal besar merupakan hal kuno yang mulai ditinggalkan oleh khalayak ramai. Membawa uang tunai dalam jumlah besar mengandung resiko yang cukup besar. Sebagai pengganti uang tunai, sebagian besar orang menggantinya dengan membawa Kartu ATM. Dengan kartu ATM, kita bisa melakukan berbagai macam transaksi seperti menarik uang tunai, melakukan pembayaran rekening listrik/telepon/ speedy, melakukan transfer, membeli barang, dsb.

Untuk menghindari keajahatan yang mulai sering terjadi pada ATM, kita perlu melakukan tindakan preventif (pencegahan). Di bawah ini merupakan 7 tips aman menggunakan ATM :

1. Melindungi kerahasiaan PIN, selalu jaga kerahasian PIN dengan menutupi dengan tangan atau benda lain ketika menekan nomor PIN.

2. Lakukan penggantian PIN secara berkala,

3. Pilih lokasi aman, saat bertransaksi menggunakan ATM sebaiknya pilih lokasi yang aman missal lokasi dekat petugas keamanan atau tempat ramai.

4. Batalkan transaksi jika menemukan tanda-tanda mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing atau kabel yang tidak wajar.

5. Pastikan kartu ATM, Uang dan bukti transaksi sudah ada di tangan anda kembali setelah transaksi telah dilakukan.

6. Segera lakukan pemblokiran kartu, apabila anda menemukan kejanggalan dalam bertransaksi.

7. Apabila anda bertransaksi di merchant, segera lakukan pembatalan apabila anda mengetahui ada alat lain yang mencurigakan menempel pada mesin merchant (EDC)
 
sumber : http://sibukforever.blogspot.com/2012/02/7-tips-aman-menggunakan-atm.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar