Jumat, 03 Agustus 2012

Satu Hari Dalam Setahun Matahari Tidak Terbenam di Lingkar Arktik Satu Hari Dalam Setahun Matahari Tidak Terbenam di Lingkar Arktik

Kutup Utara
Lingkar Arktik atau Lingkar Kutub Utara adalah salah satu dari lima lingkaran lintang besar yang memetakan tanda dari Bumi. Pada tahun 2012, lingkar ini adalah garis lintang paralel yang berjalan Templat:Circle of latitude [1] utara garis khatulistiwa.

Bagian utara wilayah lingkaran ini dikenal sebagai Arktik, dan zona selatan hanya untuk disebut Zona Utara Beriklim. Lingkaran kutub yang setara di Belahan Selatan disebut Lingkar Antartika.
Lingkar Arktik menandai ujung selatan dari hari kutub (24-jam diterangi matahari, sering disebut sebagai matahari tengah malam) dan polar malam (24-jam tanpa matahari). 

Bagian utara 
Lingkar Kutub Utara, matahari berada di atas cakrawala selama 24 jam terus menerus minimal sekali per tahun (dan karena itu terlihat di tengah malam) dan di bawah cakrawala untuk 24 jam terus menerus minimal sekali per tahun. Pada Lingkaran Arktik peristiwa-peristiwa terjadi, pada prinsipnya, tepat satu kali per tahun, pada titik balik matahari bulan Juni dan Desember, masing-masing. Bahkan, karena refraksi atmosfer dan karena matahari muncul sebagai cakram dan bukan titik, bagian dari matahari tengah malam dapat dilihat pada malam musim panas di utara titik balik matahari sampai sekitar 50′ (90 km (56 mil)) selatan Lingkar Arktik, sama halnya, pada bagian utara titik balik matahari musim dingin, dari matahari dapat dilihat sampai ke utara sekitar 50′ di Lingkar Arktik.

Posisi Lingkar Arktik tidak tetap, tetapi langsung tergantung pada Bumi kemiringan aksial, yang berfluktuasi dalam margin 2° selama periode 40.000 tahun,[2] terutama karena gaya pasang surut yang dihasilkan dari orbit bulan. Lingkar Arktik saat ini melayang ke utara dengan kecepatan sekitar 15 m (49 kaki) per tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar